Kelas Abad 21 : Bagaimana Teknologi Bisa Melengkapi Kebutuhan Pendidikan di Kelas

Meski hanya satu tahun tiga bulan saya berkecipung di dunia pendidikan, banyak sekali hal-hal yang bisa saya ambil pelajaran tentang pendidikan di Indonesia, dan susahnya pemerintah kita menyelenggarakan pendidikan yang setara di negeri ini, sedikit bisa saya pahami.

Berikut hal-hal menarik yang saya dapatkan tentang sekolahan benar atau salahnya mungkin anda bisa memberi juga pendapatnya :

  1. Siswa saat ini energinya luar biasa: Anda bisa bayangkan pagi sebelum masuk kelas mereka sempatkan basket, masuk kelas masih cukup punya energi untuk “beraktifitas”.
  2. Sulitnya siswa tenang duduk manis di kelas mendengarkan guru: Jangan tanya bagaimana susahnya seorang guru harus menenangkan siswanya agar mereka bisa mulai pelajaran.

Dari 2 hal diatas, apa yang bisa kita ambil pelajaran? Jika anda berpikir “mudah saja¬† cara mengatasinya, cukup guru bersikap tegas buat siswa pembuat onar. Ambil satu contoh siswa di hukum dan pasti yang lain akan jera”. Jika anda punya pikiran demikian maka anda masih menyamakan tipikal siswa ini dengan anda sendiri waktu sekolah. dan itu adalah jaman yang berbeda.

Mengacu kepada hukum kekekalan energi : Bahwa energi tidak dapat dimusnahkan hanya bisa diubah bentuknya. Saya percaya bahwa sebenarnya keramaian siswa di kelas hanyalah sebuah bentuk energi yang harus diubahkan.

Di ubah kedalam bentuk apa?

Tentu  diubah kedalam bentuk yang lebih produktif. Yaitu dengan membiarkan mereka belajar dengan cara yang ada di jaman Now. yaitu pembelajaran yang melibatkan teknologi di HP, laptop dan PC siswa kita. Metode yang paling ideal untuk itu adalah Flipped Classroom.

Apa itu Flipped Class? Begini:

  1. Gambaran kelas tradisional adalah guru menjelaskan , kemudian siswa mengerjakan latihan , guru me-review, PR. urutan ini bisa ideal dilakukan dengan catatan murid masuk kelas sudah siap dengan 2 tangan diatas bangku dan siap mendengarkan. tidak ideal jika muncul ijin ke kamar mandi 10 menit, ijin ambil minum, ramai -ramai tidak jelas sebabnya, dsb.
  2. Gambaran Flipped Class: Guru sudah mngirimkan materi esok hari berupa video, presentasi,teks word untuk bisa dipelajari di rumah masing-masing. Hal ini menarik karena siswa jaman sekarang memang akrab dengan teknologi. dan mereka tidak akan keberatan untuk melihat gurunya menjadi “artis”. Esoknya di ruang kelas guru tidak perlu menjelaskan , langsung kepada review dan fokus dengan kesulitan mereka pada saat belajar secara online.

Bagaimana membuat Flipped Classroom?

Ini dia berita baiknya Google telah membuka akses Google Classroom, siapa saja dengan akun google dapat membuat kelas onlinenya masing-masing. Jadi tunggu apa lagi, segera buat kelas anda sendiri dan libatkan siswa anda.

class
Screenshot google classroom

Sebagai awal mula coba anda gabung di kelas online saya mengenai belajar MS Word 2013/2016 dengan code

2018-01-16_231100

Caranya sangat mudah :

  1. buka classroom.google.com
  2. login dengan akun gmail
  3. Join Class masukkan kode di atas

Nah sambil belajar silahkan anda coba buat class online anda sendiri. atau jika kesulitan tunggu tutorialnya membuat class online di blog ini. Atau jika ada permintaan kelas online untuk materi-materi lain silahkan beri saran melalui comment.

Salam , terus maju pendidikan Indonesia

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *